Home » , » Ciri wanita idaman pria untuk dinikahi

Ciri wanita idaman pria untuk dinikahi

Written By Syaiful Arif on Wednesday 17 April 2013 | 19:20

 
Seorang pria yang akan menikah tentunya akan memilih dulu siapakah wanita idaman yang akan menjadi pendamping sekaligus ibu dari anak-anaknya kelak. Sangat aneh jika ada seorang pria yang menikah dengan wanita asal, yang tidak diketahui asal-usulnya. Dalam Islampun seorang pria dianjurkan untuk melihat wajah calon istrinya disaat ingin meng-khitbahnya agar mengetahui tingkat kecocokan antar keduanya.
Disisi lain, Rasulullah SAW menyeru kepada seluruh umatnya untuk menikah dan dimakruhkan bagi mereka yang tidak menikah. Karena dengan menikah maka pandangan dan kemaluan kita akan lebih terjaga, keturunanpun akan jelas dan terhormat dan lain sebagainya.
 
Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya:
يَامَعْشَرَ الشَّبَابِ: مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ، فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ، فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ.
“Wahai kaum muda, barangsiapa di antara kalian telah mampu maka hendaknya menikah, karena ia lebih menundukkan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang belum mampu, maka hendaknya ia berpuasa, sebab ia dapat mengekangnya.” Shahiih al-Bukhari (IX/112, no. 5066)

Lalu jika seorang laki-laki ingin menikah, bagaimanakah ciri wanita yang diidamkan tersebut? hendaknya dia mencari seorang wanita yang memiliki kriteria sebagai berikut :

1. Taat beragama, 
Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, beliau bersabda:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ ِلأَرْبَعٍ: لِمَالِـهَا، وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِـهَا، وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
.

“Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena harta, keturunan, kecantikan dan agamanya. Maka dapatkanlah wanita yang taat beragama niscaya kamu beruntung.” Shahiih al-Bukhari (IX/132, no. 5090)
2. Masih gadis,
Kecuali jika ada mashlahat baginya untuk menikahi wanita janda, karena telah disebutkan dalam satu riwayat bahwasanya Jabir bin ‘Abdillah Radhiyallahu anhu berkata:
 
تَزَوَّجْتُ امْرَأَةً فِيْ عَهْدِ رَسُوْلِ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَلَقِيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَقَالَ: يَاجَابِرُ، تَزَوَّجْتَ؟ قُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ : بِكْرٌ أَمْ َثيِّبٌ؟ قُلْتُ: ثَيِّبٌ. فَهَلاَّ بِكْرًا تُـلاَعِبُهَا؟ قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ الله إِنَّ لِيْ أَخَوَاتٌ، فَخَشِيْتُ أَنْ تَدْخُلَ بَيْنِيْ وَبَيْنِهِنَّ. قَالَ: فَذَاكَ إِذَنْ. إِنَّ الْمَرْأَةَ تُنْكَحُ عَلَى دِيْنِهَا وَمَالِهَا وَجَمَالِهَا، فَعَلَيْكَ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ
“Aku telah menikahi seorang wanita di masa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam tatkala bertemu dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beliau bertanya, ‘Wahai Jabir, apakah engkau telah menikah?’ aku menjawab, ‘Ya.’ Kemudian beliau bertanya, ‘Dengan gadis atau janda?’ Aku menjawab, ‘Seorang janda.’ Beliau bersabda, ‘Mengapa engkau tidak memilih seorang gadis sehingga engkau dapat bercanda dengannya?’ Kemudian aku berkata, ‘Wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku me-miliki beberapa saudara perempuan sehingga aku takut akan terjadi kesalahpahaman.’ Maka beliau bersabda, ‘Jika demikian adanya, maka tidak masalah. Sesungguhnya wanita itu dinikahi karena agama, harta dan kecantikannya, maka nikahilah wanita yang taat beragama niscaya engkau akan bahagia.” Shahiih Muslim (II/1087, no. 715)


3. Wanita yang subur,
Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Anas bin Malik Radhiyallahu anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda :

تَزَوَّجُوْا الْوَدُوْدَ الْوَلُوْدَ، فَإنِّيْ مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأُمَمُ

“Nikahilah wanita yang subur peranakannya dan penyayang, sebab aku akan berbangga di hadapan umat lain dengan jumlah kalian yang banyak”. Sunan Abi Dawud (VI/47, no. 2035)
Lalu bagaimana dengan ciri pria idaman bagi seorang wanita? Tentunya pria yang shaleh dan yang bertanggungjawab kepada keluarga yang akan menjadi idaman bagi para wali wanita untuk dinikahkan kepada anaknya. Jadi jika kita belum memiliki ciri-ciri utama diatas, tentunya kita belumlah ideal untuk menjadi wanita ataupun pria idaman bagi pasangan kita.
Semoga bisa menjadi motivasi kepada kita agar senantiasa menjadi pribadi yang sholeh, yang selalu amar ma’ruf dan nahi munkar. Senantiasa introspeksi diri agar hidup kita lebih baik lagi dimasa yang akan datang.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Guest Book



 
Support : Syaiful arif | Trihan
Copyright © 2013. Keluarga Syari'ah - All Rights Reserved
Thanks To Mas Template
Powered by Blogger